Article

5 Penyebab Pipi Kempot dan Cara Baru Mengatasinya

pipi kempot
Rate this post

Pipi kempot atau pipi yang terlihat cekung sering menjadi masalah bagi banyak orang. Pipi yang kempot dapat membuat wajah terlihat kurang sehat dan tidak bersemangat. Apa yang menyebabkan pipi kempot dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Pipi Kempot

1. Genetika

Pipi kempot dapat disebabkan oleh faktor genetika. Beberapa orang mungkin memiliki tulang pipi yang kurang menonjol atau volume lemak yang kurang pada daerah pipi sehingga membuat pipi terlihat cekung.

2. Kekurangan Asupan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi tertentu seperti protein dan vitamin C dapat menyebabkan kekurangan volume pada daerah pipi. Hal ini dapat membuat pipi terlihat kempot dan kurang sehat.

3. Penuaan

Proses penuaan alami juga dapat menyebabkan pipi kempot. Saat kita menua, volume lemak pada wajah cenderung menurun sehingga membuat pipi terlihat cekung.

4. Penurunan Berat Badan yang Cepat

Jika kamu telah menurunkan berat badan secara drastis, maka kemungkinan besar pipi akan terlihat kempot karena penurunan volume lemak pada wajah.

5. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah dan mengurangi produksi kolagen yang membuat pipi tampak cekung.

Baca Juga:   10 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Prosedur Medis

Cara Mengatasi Pipi Kempot

1. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Meningkatkan asupan nutrisi seperti protein dan vitamin C dapat membantu meningkatkan volume pada daerah pipi dan membuat pipi terlihat lebih penuh. Makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, dan telur serta makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan brokoli dapat membantu mengatasi pipi kempot.

2. Menggunakan Filler Wajah

Filler wajah adalah salah satu cara untuk mengatasi pipi kempot. Filler wajah berfungsi untuk mengisi volume pada daerah pipi dan membuat pipi terlihat lebih penuh. Filler wajah biasanya terbuat dari asam hialuronat yang aman dan efektif.

Salah satu filler asal Korea yaitu ID Fresh. Keunggulan dari Filler ID Fresh adalah filler Korea yang bahan dasarnya (Hyaluronic Acid) berasal 100% dari Korea. Memiliki 4 tipe yaitu No. 1, 2, 3, 4 dimana semakin tinggi nomornya maka semakin padat bentuknya, penggunaan pun akan disesuaikan dengan area wajah yang akan dipakaikan filler sehingga tepat sasaran dan memberikan efek yang lebih baik bagi pasien. Filler ID Fresh dapat bertahan hingga 12 bulan, meskipun tergantung dengan metabolisme tubuh pasien. 

3. Menghindari Penurunan Berat Badan yang Cepat

Menghindari penurunan berat badan yang cepat dapat membantu mengurangi risiko pipi kempot. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, lakukan secara bertahap dan konsisten agar tubuhmu dapat menyesuaikan diri dan produksi lemak di wajah tetap terjaga.

4. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit wajah. Produk perawatan kulit yang mengandung retinol dan vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membuat pipi terlihat lebih penuh.

Baca Juga:   4 Penyebab Pipi Tembem Namun Badan Tetap Kurus

5. Menghindari Kebiasaan Merokok

Menghindari kebiasaan merokok dapat membantu mengatasi pipi kempot. Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah dan mengurangi produksi kolagen yang membuat pipi tampak cekung. Dengan berhenti merokok, kamu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit wajahmu.

6. Melakukan Latihan Wajah

Latihan wajah dapat membantu meningkatkan otot-otot pada daerah pipi dan membuat pipi terlihat lebih penuh. Beberapa latihan wajah yang dapat kamu lakukan antara lain:

  1. Mengerutkan bibir dan mengembangkan pipi selama 10 detik.
  2. Memasukkan pipi ke dalam mulut dan menahannya selama 10 detik.
  3. Melakukan gerakan mengunyah dengan mulut tertutup selama beberapa menit.

Latihan wajah harus dilakukan secara teratur dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Menggunakan Makeup

Jika kamu ingin memperbaiki tampilan pipi yang kempot dengan cepat, kamu dapat menggunakan makeup. Teknik kontur dan highlighter dapat membantu menonjolkan tulang pipi dan membuat pipi terlihat lebih tirus dan tegas.

Namun, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan makeup agar tidak membuat tampilan wajah terlihat berlebihan atau tidak natural.

8. Beristirahat Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit wajah. Kurang tidur dapat membuat pipi terlihat lebih kempot dan lelah. Cobalah untuk tidur minimal 7-8 jam per hari dan hindari begadang yang terlalu sering.

9. Meningkatkan Konsumsi Air Putih

Meningkatkan konsumsi air putih dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat pipi terlihat lebih penuh. Kekurangan cairan dapat membuat kulit terlihat kering dan pipi terlihat lebih cekung.

10. Menghindari Stress Berlebihan

Stress berlebihan dapat memicu produksi hormon kortisol yang dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit wajah. Hindari stress berlebihan dengan melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau olahraga.

Baca Juga:   Tipe Kulit Wajah yang Tentunya Cocok untuk Treatment Filler

Dalam mengatasi pipi kempot, kamu harus konsisten dan sabar karena beberapa cara membutuhkan waktu untuk memberikan hasil yang maksimal. Jika kamu memiliki masalah pipi kempot yang parah, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat seperti filler pipi menggunakan ID Fresh. Cek klinik kecantikan terdekat yang ada di kotamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *